Friday, 18 June 2010

Tutorial Alignment Horizontal pada Cad Land Development 2006


Tutorial Alignment Horizontal pada Cad Land Development 2006
Jika kita memiliki gambar kontur dan situasi dari suatu daerah yang akan kita bangun jaringan jalan, maka selanjutnya untuk perencanaan jalan kita harus membuat Alignment Horizontal (trase jalan). Pada Autodesk Land Desktop 2006 dapat kita lakukan dari menu line/curves dan menu alignment. Pada menu Line/curve terdapat beberapa buah menu yang digunakan untuk membuat garis (trase) dan untuk membuat tikungan, sedangkan pada menu Alignment digunakan untuk membuat alignment horizontal mulai dari setting lebar jalan sampai dengan settingan penamaan Stasioning.

Baiklah kita mulai saja pembuatan trase jalan, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1.       Pada menu line/curces pilih line, kemudian buat dua buah garis yang saling memotong yang kemudian kita jadikan sebagai tikungan.
2.       Tahap selanjutnya adalah pembuatan tikungan, pada tutorial kali ini kita anggap jalan kita didesain untuk kecepatan rencana 60 km/jam, dari peraturan jalan raya untuk kecepatan rencana tersebut maka jari-jari lengkung minimum adalah 115 meter, panjang lengkung minimum 100 m dan lengkung peralihan 50 m,
3.       Kita akan menggunakan jenis tikungan SCS (spiral-curve-spiral), pada menu line/curves pilih  Create Spirals kemudian pilih fit tangent-tangent….. kemudian ketikkan radius 115 m dan panjang spiral 50 m. Maka tikungan kita akan dibentuk sendiri oleh program seperti gambar berikut.
Jika anda tertarik menjadi teknisi komputer dan sekaligus menjadi pengusaha refill tinta printer..tidak perlu kursus..! hanya paket buku ini yang anda perlukan. Ebook ini lengkap menjelaskan tentang panduan perbaikan komputer, dan cara refill tinta cartridge serta perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha refill tinta printer di sini   «« masuk aja.

No comments:

Post a Comment